Sudah terlalu banyak saya
bertemu dengan orang-orang yang ingin membangun bisnis online yang sukses, tapi
bingung dan tidak tahu caranya. Mereka hanya terus membuat kesalahan-kesalahan
yang bisa dikatakan membuang waktu dan uang mereka dalam mengembangkan bisnis
online mereka.
Oleh karena itu di sini saya mau membagikan kepada teman-teman pembaca blog ini
kesalahan-kesalahan SEO (optimasi mesin pencari) yang paling umum dilakukan
oleh mereka yang melakukan bisnis online.
Jika anda baru akan membuat web anda, maka ada baiknya anda membaca semuanya Jika
anda sudah terlanjur membuat website anda, maka anda tetap saja perlu membaca
semuanya, agar ke depannya anda tidak melakukan kesalahan yang lainnya.
KESALAHAN 1: MEMAKAI DOMAIN GRATISAN
Dalam membangun bisnis,
anda memerlukan sesuatu yang disebut sebagai rasa percaya. Anda sulit berharap
orang akan deal dengan bisnis online anda jika bisnis online anda masih memakai
domain blogspot atau wordpress atau co.cc, dan sebagainya.
Kenapa orang sulit mempercayai domain gratisan? Karena benar-benar tidak
bermodal, dan bisa dibuat massal untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.
Bukankah banyak penipu yang mengirim SMS memakai alamat blog gratisan?
Jadi jika tujuan anda adalah meraih
banyak pembeli di dalam bisnis online anda, maka sebaiknya anda menghindari menggunakan domain
gratisan. Sayang sekali jika anda sudah menghabiskan waktu anda untuk membuat
banyak artikel, dan sesudah itu menghabiskan banyak waktu atau biaya untuk
backlink, tapi ternyata setelah anda ranking, anda tidak mendapatkan penjualan
apapun hanya karena domain anda yang gratisan.
Kesalahan seperti ini bisa anda hindari hanya dengan merogoh kocek 100 ribuan
per tahun untuk membeli nama domain. Beli yang .com, karena versi ini yang
paling mudah diingat orang. Jangan sampai pelanggan anda nyasar ke website
orang karena mengetik versi .com, sedangkan anda memakai versi lainnya.
KESALAHAN 2: MEMBUAT WEBSITE HOST SENDIRI DI SERVER
YANG PAYAH
Ini adalah kesalahan yang
cukup sering terjadi, sepertinya dari 10 pebisnis ada 1 yang memakai server
yang payah. Selain lambat dalam waktu pemuatan, seringkali server memblokir
robot dari Google. Ini adalah penyakit yang jika tidak cepat disadari akan
mengakibatkan kerugian karena peringkat anda di Google akan terus merosot.
Seringkali orang merasa onpage atau backlinknya yang gagal, dan menghabiskan
waktu untuk mengorek semua hal itu, tapi tidak terjadi perubahan karena
masalahnya ada pada layanan dari server tempat websitenya di host.
Untuk mengetahui apakah website anda tidak bermasalah dengan Googlebot, maka
anda bisa mencoba fitur di google Webmaster Tools yang disebut Fetch as Google. Jika ini sukses, maka
seharusnya website anda baik-baik saja. Tapi jika ini gagal, atau anda sendiri
sulit membuka website anda (lambat loading), maka anda harus segera mengajukan
permohonan pengecekan ke pemilik layanan server.
Tapi satu hal yang perlu anda ketahui, yaitu layanan dari server itu
disesuaikan dengan harga. Anda tidak bisa mengharapkan kecepatan yang prima,
jika memilih paket yang paling murah. Anda harus fair, karena di dalam bisnis
ada yang namanya investasi.
KESALAHAN 3: DESAIN WEBSITE YANG TERLALU MENYEDIHKAN
Yang dimaksud dengan desain
menyedihkan itu adalah desain yang seadanya dan tidak profesional, seperti
orang yang baru belajar membuat halaman website dan sudah kebelet mau bermain
bisnis online.
Kesalahan dalam bisnis online yang satu ini sifatnya sama dengan kesalahan
karena nama domain gratisan; di mana anda akan terlihat tidak profesional.
Desain website yang sangat berantakan atau terlalu polos tidak akan mengundang
orang untuk menggunakan atau membeli produk anda. Anda harus menguasai
bagaimana cara mengatur warna dan posisi dari setiap elemen untuk “menguasai
otak” dari pengunjung website anda
Banyak orang yang gagal dalam menjual walaupun sudah membeli nama domain dan
hosting sendiri dan semua itu karena tampilan dari websitenya masih terlihat
menyedihkan.
Tanpa bermaksud buruk saya ingin membandingkan ini dengan beberapa pebisnis MLM
yang biasa mempromosikan kesuksesan tapi dandanannya miris. Kesalahan bukan
pada industrinya, tetapi pada penampilan pemasarnya.
Anda tidak bisa meyakinkan orang jika penampilan anda sendiri sangat meragukan.
Percuma bicara mengenai garansi ini dan itu terhadap produk anda jika ternyata
anda tidak bisa membuat website yang terlihat serius. Teman saya sudah
membuktikan bahwa konversi penjualan webnya naik dari 1% ke 6%-7% saat dia
merogoh kocek untuk membayar jasa web designer profesional, atau sekedar
membeli template bisnis online profesional yang sudah tersedia di pasaran.
KESALAHAN 4: MEMBUAT TITLE TAG YANG RAKUS
Apakah anda pernah melihat
website yang memakai title tag yang sangat panjang seperti di bawah ini:
JUAL SEPEDA MOTOR MEREK HONDA, SUZUKI, YAMAHA DENGAN HARGA MURAH KREDIT BUNGA
RINGAN DP TERJANGKAU DI KOTA JAKARTA ON THE ROAD BLA....BLA....BLA
Tujuan penggunaan title seperti ini sudah jelas, yaitu untuk menguasai sebanyak
mungkin kata kunci yang bisa dikuasai. Tapi ini adalah kesalahan fatal. Anda
tidak bisa serakus ini, karena poin dari title tag anda akan dibagi ke setiap
kata sehingga setiap kata hanya akan mendapatkan sedikit saja poin. Alih-alih
menguasai banyak kata kunci, anda justru akan gagal di semua kata kunci, karena
setiap kata kunci mendapatkan poin yang kecil-kecil.
Apa solusinya jika ingin menguasai banyak sekali kata kunci? Solusinya Cuma
satu, yaitu anda harus membuat lebih banyak halaman, dan setiap halaman harus
anda buat dengan artikel yang panjangnya setidaknya 900 kata. Tunjukkan sedikit
ke Google, bahwa anda serius mau sukses di bisnis online anda dan anda tidak
main-main.
Tujuan dari membuat banyak artikel ini adalah agar anda bisa membagi title tag
yang panjang tadi ke dalam title tag yang panjangnya hanya 5-7 kata.
KESALAHAN 5: MALAS MEMBUAT ARTIKEL
Nah, yang ini masih
sambungan dari yang di atas, di mana kegagalan terjadi karena kemalasan untuk
bekerja. Anda perlu memperhatikan bagaimana website besar seperti LAZADA, dan
TOKOPEDIA saja masih berusaha membuat penjelasan yang panjang dan memadai
mengenai produk-produk yang mereka jual.
Jika website yang mempunyai budget promosi milyaran ini masih mau repot
melakukan itu, maka seharusnya anda pengusaha modal seadanya atau bahkan yang
tidak punya budget promosi harus lebih besar niatnya untuk bekerja keras.
Bagaimana jika malas mengetik artikel, apa ada solusi lain ? Tentu ada
solusinya adalah berhenti bermimpi mempunyai bisnis online dan lakukan semua secara
konvensional dan offline ^_^
Beberapa niche mempunyai persaingan yang sudah sangat keras luar biasa;
sedangkan halaman pencarian di google hanya menyediakan 10 tempat saja tidak
ada tempat bagi pemalas Jadi daripada membuang waktu dalam bermimpi saran di
atas adalah saran yang harus dipertimbangkan oleh mereka yang malas mengelola
webnya.
Tentu alasan yang logis adalah bisnis offline mereka lebih menghasilkan saat
ini dan bisnis online belum memperlihatkan hasil. Tapi kalau kita malas
mengelola website kita, maka jelas bisnis online yang belum memperlihatkan
hasil itu akan tetap tidak memperlihatkan hasil sampai kapanpun
KESALAHAN 6: HANYA MENGANDALKAN ONPAGE ATAU HANYA
MENGANDALKAN BACKLINK
Algoritma dari google
adalah sangat kompleks saat ini. Google bekerja dengan mengandalkan 2 sinyal
utama, yaitu onpage dan offpage. Sinyal onpage untuk mengukur seberapa relevan
isi dari halaman dengan kueri pencarian. Sedangkan sinyal backlink untuk
mengukur otoritas atau popularitas dari sebuah halaman website.
Mengandalkan salah satu aspek saja akan membuat website anda menjadi sangat
timpang. Sebagai contoh jika anda hanya mengandalkan onpage saja, dan tidak ada
backlink, maka Google akan menanggapi itu sebagai website yang relevan saja,
tapi tidak cukup berkualitas karena tidak ada yang mau mengutip web anda di
website mereka.
Sebaliknya jika web anda mempunyai banyak backlink, tetapi kualitas dari
onpagenya rendah, maka itu akan membuat backlinknya sebagai sesuatu yang terasa
tidak sesuai untuk halaman anda, dan Google akan mengabaikannya.
Untungnya Google hanya mengabaikan itu dan tidak membuatnya menjadi penalty.
Jadi bagi mereka yang mempunyai banyak backlink; PR selanjutnya adalah memperbaiki
onpage mereka agar website mereka menjadi relevan dengan backlink tersebut
sehingga Google akan memperhitungkan semua poin yang sudah “menunggu di pintu
masuk” itu pada saat kunjungan yang berikutnya.
KESALAHAN 7: ONPAGE DULU, NANTI BARU OFFPAGE ATAU
SEBALIKNYA
Google mengamati website
dan melihat seberapa dinamis website tersebut. Seberapa pertumbuhan kontennya,
dan seberapa banyak pertambahan reputasi onlinenya. Jadi normalnya yang terjadi
adalah pertambahan konten terus terjadi pada saat backlink bertambah.
Apa yang terjadi jika keselarasan itu tidak terjadi ?
Kalau onpage bertambah pada saat backlink tidak bertambah, maka Google akan
menganggap kontennya tidak terlalu disukai oleh pembaca sehingga tidak ada yang
merekomendasikan website anda. Itu berarti artikel-artikel segar anda tidak
mendapatkan tanggapan dari komunitas di internet.
Bagaimana jika anda menambahkan backlinknya belakangan. Tentu itu bisa saja
diusahkan, tapi biasanya artikel akan kehilangan poin kesegarannya sehingga
memerlukan backlink yang lebih banyak untuk menambah poinnya.
Jadi seandainya anda sudah mempunyai sebuah website dengan konten yang cukup
banyak lalu berusaha memasangkan backlink, maka setidaknya usahakan agar
website anda terus menambahkan artikel, sekurang-kurangnya 3 artikel per bulan.
Jangan membuat website anda terlihat seperti website yang benar-benar mati dan
terabaikan karena setelah sebulan lewat masa deep crawling, peringkatnya akan
mulai merosot.
Lalu bagaimana jika backlinknya duluan ? Seperti yang sudah saya jelaskan di
atas poinnya hanya akan menunggu di depan pintu dan baru akan ada gunanya saat
website anda semakin baik dalam konten.
Jadi mana saja yang kita tunda pelaksanaannya akan menunda keberhasilan dari
optimasi website bisnis online kita Jadi jauh lebih baik melakukannya secara
bersamaan, walaupun hasilnya perkembangan keduanya menjadi lebih lambat jika
anda harus mengusahakannya sendiri dan membagi waktu anda.
KESALAHAN 8: MENGANGGAP BACKLINK ADALAH SEGALANYA
Backlink adalah sesuatu
yang amat sangat penting. Anda tidak bisa menjadi juara di banyak kata kunci
tanpa backlink; terlebih lagi jika persaingannya memang sangat keras. Tapi
jangan sampai dikira backlink saja bisa membawa anda menjadi juara di hasil
pencarian di Google.
Biar saya jelaskan sedikit di sini biar lebih mudah dipahami.
Backlink adalah berfungsi untuk menaikkan domain authority dari website anda.
Semakin baik domain authority dari website anda, maka akan semakin mudah
website anda mendapatkan ranking. Bahkan artikel-artikel baru bisa langsung
masuk halaman satu tanpa susah payah mencari backlink lagi. Tapi Google tidak
beranggapan bahwa backlink itu harus sebanyak-banyaknya Ini sudah bukan
zamannya lagi mencari jutaan backlink.... Beda dengan dulu di mana semakin
banyak backlink berarti semakin kuat.
Sekarang ini mendapatkan backlink dari 300-700 nama domain berbeda saja sudah
bisa terbilang cukup untuk menaklukkan persaingan yang berat di Indonesia.
Kalau mau kelas dunia tentunya akan lebih banyak lagi. Tapi backlink juga
memperlihatkan titik saturasinya; di mana pertambahan yang terjadi berikutnya
sudah tidak terlalu berpengaruh. Seolah-olah Google beranggapan bahwa “nilai
segini sudah cukup pasti ada sesuatu yang spesial di website ini, apa benar
kontennya relevan dengan pencarian”.
Nah kalau kontennya tidak sama dengan backlinknya, ya seperti yang sudah-sudah
di atas backlinknya diabaikan Jadi anda harus mengusahakan keduanya
KESALAHAN 9: KEPADATAN KATA KUNCI PADA HALAMAN
TEROPTIMASI SANGAT LEMAH
Ada banyak sekali orang
yang mengoptimasi kata kunci untuk sebuah halaman, tapi pada saat kita mencari
kata tersebut di halaman tersebut, ternyata tidak ada sama sekali. Jangankan
dalam urutan frasa yang benar untuk kata per kata saja tidak bisa ditemukan.
Bagaimana bisa halaman web seperti ini diharapkan untuk ranking ?
Setidaknya anda harus memunculkan beberapa kali kata kunci di dalam halaman
yang dioptimasi. Jika anda ragu, maka sebaiknya anda menjaga jumlah kata
kuncinya di batasan yang aman namun tetap cukup signifikan; yaitu diantara 3%
sampai 4%. Yang dimaksud di sini adalah kepadatan kata kunci untuk seluruh isi
halaman tersebut; baik di header, maupun di kolom utama dan sidebar.
Jadi seumpamanya anda membuat halaman yang total katanya ada 1000 kata, maka
setidaknya usahakan kata kunci anda muncul sebanyak 30-an kali di dalam halaman
tersebut.
KESALAHAN 10: PENGULANGAN KATA KUNCI DI SEMUA HALAMAN
DALAM WEB TERSEBUT SANGAT RENDAH.
Anggap saja anda membuat
website tentang JUAL SEPEDA ONLINE maka pada halaman homepage anda harus
menekankan kata JUAL SEPEDA dan ONLINE. Tapi jangan hanya muncul di halaman
muka saja. Pastikan kata ini selalu muncul dalam artikel-artikel produk anda.
Hal ini akan membantu website anda untuk mendapatkan poin relevansi yang sangat
besar.
Bagaimana jika produk anda terlalu beragam? Jika produk anda terlalu beragam;
maka anda harus membagi tahapan optimasi anda menjadi 3 tahap; yaitu optimasi
halaman muka untuk kata kunci umum seperti JUAL ONLINE MURAH TERPERCAYA; dan
sesudah itu anda melakukan optimasi untuk halaman KATEGORI seperti JUAL ONLINE
SMARTPHONE MURAH TERPERCAYA nanti setelah itu baru terbagi ke dalam
halaman-halaman produk seperti JUAL ONLINE SMARTPHONE SAMSUNG XXXXX MURAH
TERPERCAYA.
Jika anda mampu membuat hirarki seperti ini, maka optimasi untuk website anda
akan menjadi jauh lebih ringan.
KESALAHAN 11: MEMUSATKAN OPTIMASI PADA LAMAN ARTIKEL
TERLEBIH DAHULU
Hal yang lazim terjadi
adalah sebuah website mendapatkan backlink yang terpusat pada homepagenya dibandingkan
pada halaman artikelnya. Penambahan backlink pada halaman muka akan dengan cepat
menaikkan domain authority dan itu akan membuat dampak yang lebih menyeluruh ke
seluruh artikel yang berada di dalam domain tersebut. Efek yang paling kuat
tentunya akan mengalir ke halaman-halaman yang linknya bisa ditemukan di dalam
halaman muka tersebut.
Jika kita melakukan optimasi terpusat di sebuah halaman artikel, maka efek yang
terlihat lebih lokal sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk mendapatkan otoritas
domain yang lebih baik dari yang sudah ada saat ini.
Jadi intinya anda disarankan untuk memulai optimasi offpage anda pada halaman
muka terlebih dahulu sambil rajin menambah konten artikel baru di website
ataupun blog anda.
KESALAHAN 12: BUTA MASALAH LINK
Link
adalah sesuatu yang sangat penting di dalam optimasi; karena ini adalah yang
akan membantu mengalirkan poin ke setiap halaman yang ingin kita optimasi.
Sayangnya banyak orang yang tidak tahu menahu tentang pentingnya pengaturan
link di dalam website mereka sehingga mereka malah merusak website yang susah
payah dioptimasi.
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang lazim dilakukan :
- Terlalu banyak memasang link di dalam satu halaman saat baru memulai optimasi website. Ini seperti berusaha mengangkat beban yang berat dengan otot bayi. Jadi seharusnya jumlah link yang ditayangkan di dalam halaman itu dibatasi sekitar 50-an saja dulu Link ini bisa berupa link artikel andalan dan link yang menuju halaman-halaman label.
- Memasang link menuju akun social media anda di bagian atas header. Ini akan membuat poin yang sangat besar mengalir ke halaman social media; padahal yang ingin anda berikan poin terbesar adalah website anda.
- Memasang link keluar menuju website keluar yang benar-benar tidak relevan. Ini kesalahan yang biasanya tidak disadari dilakukan. Misalnya dengan memasang link keluar karena menempel banner directory di website.
- Tidak memasang link yang menuju halaman itu sendiri.
Jadi semua ini adalah 12 kesalahan
umum dalam membangun bisnis online yang sering
sekali saya temui sebagai penghambat dari website-website bisnis online untuk
mendapatkan posisi, trafik, dan deal yang diinginkan. Jika ini tidak
diperbaiki, maka saya sangat yakin bisnis online yang dibangun akan terhambat
perkembangannya. Mudah-mudahan hal ini bisa membantu teman-teman menyadari apa
yang masih kurang pada website anda.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar Spam / Link aktif tidak akan muncul di kotak komentar.