Untuk anda yang baru memulai mendalami SEO
mungkin anda akan mengalami beberapa kebingungan diawal perjalanan anda. Karena
anda belajar SEO dari banyak sumber yang berbeda.
Disatu sisi anda akan mendengarkan bahwa anda harus melakukan SEO agar website yang anda buat bisa ranking google dan mendapat trafik. Disisi lain anda akan melihat bahwa banyak yang berpendapat SEO itu mati perlahan.
Yang menjadi masalah adalah “HATI” dari google itu semakin lama semakin kompleks dan semakin menyerupai cara manusia memilih. Jadi sebenarnya anda harus belajar mempersiapkan website yang sehat, Bukan hanya untuk setahun atau dua tahun tetapi untuk jangka. Sebuah website yang tidak terpengaruh dengan perkembangan algoritma.
MERENCANAKAN WEBSITE YANG AKAN DIBUAT
Sebelum anda membuat website anda, maka anda harus menyadari bahwa website yang selama ini bertahan di-internet dan menjadi pundi – pundi uang untuk pemilik webnya adalah website yang matang , Dibuat dengan tujuan membantu setiap orang yang berkunjung kehalaman web tersebut dan web yang memang menjadi kesenangan atau gairah dari pemilik web itu sendiri.
Ada banyak sekali saya melihat pemilik website yang membuat web dengan tujuan blogging for money dan pada akhirnya mereka tidak melihat uang itu sama sekali.
Justru mereka yang membuat website didominasi oleh passion mereka dibidang itu yang pada akhirnya melihat uang dari website mereka itu.
Mereka yang murni blogging for money selalu memikirkan untuk mencari trik apa lagi yang bisa mendatangkan uang mudah untuk mereka. Tetapi pada akhirnya uang itu tidak pernah mudah apalagi algoritma semakin kompleks, trik yang bekerja setahun lalu sudah tidak bisa lagi dilakukan saat ini. Jadi kenapa tidak memulai fokus membangun website yang benar – benar sehat ?
Ada 3 hal yang harus anda usahakan sebelum website anda menjadi tools marketing yang hebat untuk anda.
1. Pertama buat website yang SEO ready yang disukai oleh google.
2. Rajin mengisi konten yang relevan.
3. Buat website anda populer didunia maya.
Itu jika anda mau mendapatkan trafik dari mesin pencari. Tentu saja ada metode lain untuk mendapatkan trafik dari internet dan salah satu yang cukup populer adalah sosial media marketing.
Apa saja produk yang ingin anda pasarkan di-internet ? Apakah anda suka Olahraga ? Musik ? atau buat apa ? Buatlah daftar apa yang anda sukai diselembar kertas setelah itu cobalah untuk nama yang anda suka diantara semuanya.
Jika anda jualan produk maka anda harus memilih produk mana yang paling anda suka dan anda yakin akan mendatangkan keuntungan yang besar untuk anda. Saya sangat merekomendasikan anda untuk membangun website yang berfokus pada satu produk saja terlebih dahulu. Karena itu akan menjual banyak produk, Maka anda akan membuat websitenya tidak fokus pada kata kunci tertentu dan itu berarti anda harus bekerja lebih keras untuk mengangkat semua produk tersebut.
Ini adalah pelajaran pertama yang saya dapati di SEO bahwa semakin banyak ragam niche yang ingin saya kuasai, maka kesulitan SEO menjadi berkali - kali lipat Adalah jauh lebih mudah membeli 10 nama domain berbeda dan setiap domain menjual satu produk tertentu; daripada membeli satu nama domain dan mencoba menjual 10 produk berbeda yang sama sekali tidak ada kaitannya di dalam satu nama domain itu.
Jadi berapa banyak topik yang ingin anda buatkan website ? Berapa banyak ragam produk yang ingin anda jual ? Maka sebanyak itu juga website yang perlu anda buat. Kalaupun anda mau menjual semuanya di bawah satu nama domain yang menjadi brand anda, maka anda perlu "sangat rajin" melakukan update agar setiap kategori produk mempunyai banyak sekali postingan di dalamnya. Buatlah website anda menjadi seperti Lazada ataupun Tokopedia.
Tidak sanggup ? Kalau anda merasa tidak mampu melakukan update sebanyak itu, maka akan jauh lebih mudah bagi anda jika anda membangun setiap produk dalam satu nama domainnya masing-masing.
Saya beri contoh di sini; ada dua webmaster yang ingin menguasai pasar otomotif di kota jakarta. Webmaster yang pertama membuat satu website dengan nama domain jualmobiljakarta.com. Di mana dalam website ini dia akan menjual toyota, honda, suzuki, isuzu, mitsubishi, marcedes, dll.
Sedangkan webmaster yang lain membuat banyak website, ada yang mobilhondajakarta.com, mobiltoyotajakarta.com, mobilsuzukijakarta.com, dst.
Dan semua website itu dioptimasi bersama-sama; menurut anda mana yang akan menjadi juara ? Dengan asumsi laju update artikelnya sama, maka website yang fokus pada brand yang spesifik akan lebih mudah untuk ranking dibandingkan yang berusaha mengangkat banyak brand sekaligus.
Disatu sisi anda akan mendengarkan bahwa anda harus melakukan SEO agar website yang anda buat bisa ranking google dan mendapat trafik. Disisi lain anda akan melihat bahwa banyak yang berpendapat SEO itu mati perlahan.
Yang menjadi masalah adalah “HATI” dari google itu semakin lama semakin kompleks dan semakin menyerupai cara manusia memilih. Jadi sebenarnya anda harus belajar mempersiapkan website yang sehat, Bukan hanya untuk setahun atau dua tahun tetapi untuk jangka. Sebuah website yang tidak terpengaruh dengan perkembangan algoritma.
MERENCANAKAN WEBSITE YANG AKAN DIBUAT
Sebelum anda membuat website anda, maka anda harus menyadari bahwa website yang selama ini bertahan di-internet dan menjadi pundi – pundi uang untuk pemilik webnya adalah website yang matang , Dibuat dengan tujuan membantu setiap orang yang berkunjung kehalaman web tersebut dan web yang memang menjadi kesenangan atau gairah dari pemilik web itu sendiri.
Ada banyak sekali saya melihat pemilik website yang membuat web dengan tujuan blogging for money dan pada akhirnya mereka tidak melihat uang itu sama sekali.
Justru mereka yang membuat website didominasi oleh passion mereka dibidang itu yang pada akhirnya melihat uang dari website mereka itu.
Mereka yang murni blogging for money selalu memikirkan untuk mencari trik apa lagi yang bisa mendatangkan uang mudah untuk mereka. Tetapi pada akhirnya uang itu tidak pernah mudah apalagi algoritma semakin kompleks, trik yang bekerja setahun lalu sudah tidak bisa lagi dilakukan saat ini. Jadi kenapa tidak memulai fokus membangun website yang benar – benar sehat ?
Ada 3 hal yang harus anda usahakan sebelum website anda menjadi tools marketing yang hebat untuk anda.
1. Pertama buat website yang SEO ready yang disukai oleh google.
2. Rajin mengisi konten yang relevan.
3. Buat website anda populer didunia maya.
Itu jika anda mau mendapatkan trafik dari mesin pencari. Tentu saja ada metode lain untuk mendapatkan trafik dari internet dan salah satu yang cukup populer adalah sosial media marketing.
Apa saja produk yang ingin anda pasarkan di-internet ? Apakah anda suka Olahraga ? Musik ? atau buat apa ? Buatlah daftar apa yang anda sukai diselembar kertas setelah itu cobalah untuk nama yang anda suka diantara semuanya.
Jika anda jualan produk maka anda harus memilih produk mana yang paling anda suka dan anda yakin akan mendatangkan keuntungan yang besar untuk anda. Saya sangat merekomendasikan anda untuk membangun website yang berfokus pada satu produk saja terlebih dahulu. Karena itu akan menjual banyak produk, Maka anda akan membuat websitenya tidak fokus pada kata kunci tertentu dan itu berarti anda harus bekerja lebih keras untuk mengangkat semua produk tersebut.
Ini adalah pelajaran pertama yang saya dapati di SEO bahwa semakin banyak ragam niche yang ingin saya kuasai, maka kesulitan SEO menjadi berkali - kali lipat Adalah jauh lebih mudah membeli 10 nama domain berbeda dan setiap domain menjual satu produk tertentu; daripada membeli satu nama domain dan mencoba menjual 10 produk berbeda yang sama sekali tidak ada kaitannya di dalam satu nama domain itu.
Jadi berapa banyak topik yang ingin anda buatkan website ? Berapa banyak ragam produk yang ingin anda jual ? Maka sebanyak itu juga website yang perlu anda buat. Kalaupun anda mau menjual semuanya di bawah satu nama domain yang menjadi brand anda, maka anda perlu "sangat rajin" melakukan update agar setiap kategori produk mempunyai banyak sekali postingan di dalamnya. Buatlah website anda menjadi seperti Lazada ataupun Tokopedia.
Tidak sanggup ? Kalau anda merasa tidak mampu melakukan update sebanyak itu, maka akan jauh lebih mudah bagi anda jika anda membangun setiap produk dalam satu nama domainnya masing-masing.
Saya beri contoh di sini; ada dua webmaster yang ingin menguasai pasar otomotif di kota jakarta. Webmaster yang pertama membuat satu website dengan nama domain jualmobiljakarta.com. Di mana dalam website ini dia akan menjual toyota, honda, suzuki, isuzu, mitsubishi, marcedes, dll.
Sedangkan webmaster yang lain membuat banyak website, ada yang mobilhondajakarta.com, mobiltoyotajakarta.com, mobilsuzukijakarta.com, dst.
Dan semua website itu dioptimasi bersama-sama; menurut anda mana yang akan menjadi juara ? Dengan asumsi laju update artikelnya sama, maka website yang fokus pada brand yang spesifik akan lebih mudah untuk ranking dibandingkan yang berusaha mengangkat banyak brand sekaligus.
MEnentukan
nama domain
Banyak yang mengatakan
bahwa nama domain yang mengandung kata kunci itu berbahaya. Oleh karenanya
saat mereka belajar SEO mereka mencoba menghindari kata kunci. Tapi faktanya
adalah website-website yang muncul di Google untuk kata kunci yang komersil
adalah website yang memakai kata kunci di dalam nama domain mereka. Jadi
sebenarnya tidak masalah jika anda mau memakai kata kunci di dalam nama domain
anda, selama anda bisa menjamin bahwa nama domain tersebut memang relevan
dengan kontennya.
Jadi silahkan saja anda memakai kata kunci di dalam nama domain seperti: fotografijayadi.com atau jualsepedaonline.com selama anda memang bisa membuktikan bahwa website yang anda bangun relevan untuk itu.
Yang salah adalah saat anda menggunakan nama jualsepedaonline.com tapi yang anda jual adalah smartphone Sudah pasti nama domain ini akan menjadi penghambat anda untuk mendapatkan pengunjung yang mencari smartphone.
Untuk memilih nama domain; anda bisa masuk ke website penjual nama domain, dan ketikkan nama domain yang anda mau untuk melihat apakah nama domain itu tersedia untuk anda atau tidak (sudah dimiliki orang lain).
Kenapa harus punya nama domain ? Apakah dengan memakai domain gratisan dan subdomainnya tidak cukup ? Sebenarnya itu bisa saja cukup jika anda mengejar kata kunci yang tidak terlalu keras persaingannya. Tapi jika persaingan kata kuncinya sudah masuk ke persaingan yang keras; maka domain blog gratisan, biasanya sulit bersaing.
Jadi silahkan saja anda memakai kata kunci di dalam nama domain seperti: fotografijayadi.com atau jualsepedaonline.com selama anda memang bisa membuktikan bahwa website yang anda bangun relevan untuk itu.
Yang salah adalah saat anda menggunakan nama jualsepedaonline.com tapi yang anda jual adalah smartphone Sudah pasti nama domain ini akan menjadi penghambat anda untuk mendapatkan pengunjung yang mencari smartphone.
Untuk memilih nama domain; anda bisa masuk ke website penjual nama domain, dan ketikkan nama domain yang anda mau untuk melihat apakah nama domain itu tersedia untuk anda atau tidak (sudah dimiliki orang lain).
Kenapa harus punya nama domain ? Apakah dengan memakai domain gratisan dan subdomainnya tidak cukup ? Sebenarnya itu bisa saja cukup jika anda mengejar kata kunci yang tidak terlalu keras persaingannya. Tapi jika persaingan kata kuncinya sudah masuk ke persaingan yang keras; maka domain blog gratisan, biasanya sulit bersaing.
RANGKUMAN
Jadi jika ini adalah langkah awal anda dalam membuat website. Buatlah daftar kesukaan anda; atau daftar produk andalan anda; dan tetapkanlah nama domain yang akan mendukung optimasi kata kunci anda ke depannya di dalam SEO. Kalau anda sudah menetapkan dua hal ini, maka itu berarti anda sudah siap untuk mulai mengembangkan website anda.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar Spam / Link aktif tidak akan muncul di kotak komentar.