Pada dasarnya saat anda melakukan optimasi SEO anda sebenarnya sedang berusaha
mengalahkan pemilik – pemilik website yang sedang merajai halaman pertama di
Google.
Banyak orang yang berfikir yang sudah melakukan apa yang diperlukan namun belum
berhasil juga.
Akhirnya mereka berhenti melakukan SEO karena merasa tidak mendapatkan hasil
yang di-inginkan. Inilah akibat jika kita tidak mengetahui apa yang diperlukan
dan berhenti sebelum waktunya atau memulai sesuatu yang sebenarnya tidak bisa
kita selesaikan.
Yang perlu kita ketahui disini adalah SEO itu merupakan keseimbangan antara SEO
off page dan SEO on page khususnya untuk Google. Siapa yang bisa melakukan on
page dan off page dengan berimbangan akan relatif cepat melihat hasil.
Tapi tentunya anda harus mengetahui seberapa baik pesaing anda melakukan ini,
Jadi setidaknya anda harus mengamati beberapa hal dibawah ini :
1. Apakah title tag dari pesaing sudah memuat kata kunci ?
2. Apakah kata kunci sudah cukup besar didalam halaman pesaing tersebut dengan
kerapatan 3%-5% ?
3. Apakah jumlah kata dihalaman pesaing tersebut lebih dari 900 kata ?
4. Apakah pesaing kita rutin update ?
5. Apakah memang pesaing kita rutis melakukan update ?
6. Apakah memuat media seperti gambar dan video ?
7. Apakah backlinknya cukup banyak ?
8. Apakah kata kunci pada backlinknya beragam ?
9. Apakah banyak do-follow ?
Sembilan Point di-atas biasanya menjadi penyebab utama sebuah website sulit
untuk dikalahkan.
Jadi anda harus memilih apakah anda mau melakukan optimasi anda berat di-on
page atau berat di-off page atau berimbang.
BERMAIN SEO DI ONPAGE
Biasanya mereka yang KO di offpage
berusaha melakukan optimasi SEOnya di Onpage. Tetapi adalah sebuah kesalahan
jika kita terus mengutak-atik satu halaman dan berharap rankingnya naik. Tentu
jika saat ini onpage belum beres lalu kita melakukan perbaikan, maka pastilah
akan terjadi perbaikan ranking. Tapi perbaikan onpage ada batasnya dan tidak
bisa mengutak-atik satu halaman saja terus.
Cara terbaik untuk bermain onpage
adalah dengan mendapatkan backlink
dofollow dari setidaknya 20 domain dan setelah itu coba membuat konten atau
update artikel yang banyak.
Anggap saja pesaing anda mempunyai
backlink dofollow dari 250-an domain dan 200-an artikel maka anda bisa
mengalahkan website ini dengan website yang hanya mempunyai 20-an domain
backlink dofollow jika mempunyai 1000 sampai 2000 artikel di blog anda. Semakin
unik dan bermutu artikel kita semakin sedikit yang diperlukan
Ini bukan nilai yang pasti karena
kondisi dari setiap web sangat beragam ada terlalu banyak variabel untuk
mengklaim jumlah yang pasti.
Pada akhirnya saat anda harus membuat
1000 artikel dan itu tetap saja memerlukan waktu yang lama. Anggaplah anda bisa
mengetik 2 artikel per hari, maka anda akan membutuhkan 500 hari dan itu lebih
dari setahun. Jika anda bisa mengetik 10 artikel per hari, maka anda akan
memerlukan waktu 100 hari atau 3 bulan lebih.
Laju update yang sangat cepat memang
bisa mempengaruhi ranking di Google. Teknik ini bisa membantu anda untuk lebih
cepat berhasil di dalam SEO yang anda lakukan
BERMAIN SEO DI OFFPAGE
Lalu bagaimana jika anda mempunyai web
yang hanya mempunyai sedikit halaman, pada saat kompetitor anda mempunyai
banyak sekali halaman? Otomatis anda memerlukan backlink yang lebih banyak dari
pesaing anda. Nah kasus di sini adalah kebalikan dari yang pertama.
Jika anda hanya mempunyai artikel
sedikit; maka anda harus sanggup mencari backlink berkualitas yang banyak. Anggaplah pesaingnya
tetap dengan 250-an nama domain dan 200-an artikel. Jika anda hanya mempunyai
20 artikel maka anda bisa saja dituntut mencari backlink dari 600-700 nama
domain.
Anggap saja anda bisa mendapatkan backlink dari 10 nama domain per hari; maka
anda perlu waktu 2 bulan lebih dan efeknya baru akan terlihat dalam 2 bulan
berikutnya jadi total waktu untuk prosesnya adalah sekitar 4 bulan.
Tapi mencari website yang dofollow yang
bisa dikomentari itu ternyata bukan hal mudah bagi pemula. Banyak yang lebih
memilih untuk mengetik 10 artikel per hari daripada mencari 10 domain yang
dofollow. Memang relatif sulit untuk berhasil mengejar tujuan anda dengan
mengandalkan optimasi SEO offpage (khususnya bagi pemula).
BERMAIN SEO YANG BERIMBANG
Buat yang tidak sanggup membuat 1000
artikel atau mencari backlink dari 700an nama domain; bisa mencoba mengambil
jalan tengahnya; yaitu dengan mencari backlink dari 200-an nama domain dan
membuat 200-an artikel. Ini adalah teknik SEO yang cukup berimbang.
Yang celaka adalah kalau anda ketemu dengan website yang punya
backlink dari ribuan nama domain dan juga puluhan ribu artikel unik (biasanya
ini website besar). Itu berarti anda harus siap berperang habis-habisan dan
langkah perang anda sebaiknya dimulai dengan menargetkan LONG TAIL KEYWORDS sebanyak-banyaknya dan
mencari backlink.
Tapi yakin saja SEO seperti ini bisa
mendatangkan puluhan hingga ratusan juta per bulan jika anda memenangkannya.
Tapi jangan cuma tahu mimpi ya; kerja dan berani investasi itu penting. Kalau
cuma mau mengetik 100-200 artikel dengan budget optimasi di bawah 1 juta lebih
baik cari niche lain yang sesuai dengan kondisi anda. Masa iya mimpi
mengalahkan website raksasa dengan modal dengkul ? (^_^) Realistis itu lebih
sehat daripada mimpi percuma dan buang waktu plus duit untuk sesuatu yang di
luar jangkauan.
Btw catat juga bahwa website yang
ditujukan untuk e-commerce atau jualan barang biasanya lebih cepat menghasilkan
daripada website yang mengandalkan ads atau iklan. Jadi kalau memang anda
mempunyai produk atau jasa yang bisa ditawarkan; maka itu jelas lebih cepat
anda dapatkan daripada mengharapkan klik iklan khususnya di indonesia yang
malas mengklik iklan.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar Spam / Link aktif tidak akan muncul di kotak komentar.