Home » » 5 Cara Awam Membuat Website Menggunakan WordPress

5 Cara Awam Membuat Website Menggunakan WordPress

4 Cara Awam Membuat Website Menggunakan Wordpress | Weblikasi

Pada awalnya membuat website menggunakan WordPress memang cukup membingungkan. WordPress sendiri menawarkan banyak pilihan mengenai bagaimana cara anda ingin membuat website anda.
Pada artikel ini saya akan coba membahas 5 cara yang dapat anda lakukan untuk memulai membuat website menggunakan WordPress.

Cara 1: Membuat website sendiri menggunakan WordPress.com

WordPress.com adalah self-service website builder yang disediakan oleh Automattic, sang pengembang WordPress. Anda bisa memulainya dengan cara register secara gratis di WordPress.com.

Membuat Website Menggunakan WordPress.com | Weblikasi

Berbeda dengan WordPress.org, WordPress.com adalah sebuah framework pengembang website yang dihost sendiri oleh pihak Automattic.
Anda dapat memulainya secara gratis, namun untuk beberapa fitur premium seperti custom domain anda bisa mendapatkannya dengan hanya membayar sekitar $99 – $299 per tahunnya.
Anda dapat memilih berbagai macam tema WordPress.com langsung pada websitenya. Tema – tema tersebut kebanyakan sudah cukup bagus untuk website pertama anda. Anda hanya perlu mengganti logo dan beberapa warna saja jika diperlukan.

Tema WordPress.com | Weblikasi
Untuk pengaturan dan pengembangan tema WordPress.com lebih lanjut memang cukup dibatasi. Bahkan beberapa pengembangan yang anda butuhkan berkemungkinan untuk membutuhkan tenaga ahli.
PS: Walaupun fitur – fitur yang disediakan WordPress.com cukup terbatas, fitur – fitur tersebut sudah cukup untuk awal mula. Anda dapat bermigrasi ke WordPress.org ketika website anda sudah cukup berkembang untuk menambahkan fitur – fitur yang lebih beragam lagi dengan fitur migrasi ke WordPress.org yang disediakan oleh WordPress.com.
Setelah anda memilih dan mengatur tema lewat control panel WordPress.com, anda tinggal menambahkan konten berupa halaman dan pos.
Wordpress Dashboard | Weblikasi

Cara 2: Membuat website sendiri menggunakan tema premium WordPress.org

Seperti yang saya katakan sebelumnya, WordPress.org berbeda dengan WordPress.com. WordPress.org memerlukan hosting sendiri yang didapatkan dengan menyewa server seperti di Siteground atau Bluehost.

Membuat Website Menggunakan WordPress.org | Weblikasi
Keuntungan menggunakan WordPress.org seperti yang saya tuliskan pada artikel saya di atas, anda dapat melakukan kustomisasi yang jauh lebih besar ketimbang WordPress.com. Khususnya pada bagian plugin WordPress.
Plugin WordPress adalah fitur – fitur yang di luar standar WordPress yang bisa anda tambahkan ke website WordPress anda untuk menambah suatu fungsi. Meski anda belum mau melakukannya, namun ke depannya anda pasti akan membutuhkannya dikala website anda sudah bertumbuh besar.



Plugin WordPress.org | Weblikasi

Untuk mendapatkan tema premium WordPress.org anda harus membelinya dengan kisaran $30 – $60. Salah satu tempat untuk membeli tema premium tersebut adalah di Themeforest.
Themeforest adalah marketplace tema premium besutan Envato yang sudah banyak dikenal orang – orang karena kualitas tema dan banyaknya varian tema yang dijual di sini.

Tema Premium WordPress.org Themeforest Envato | Weblikasi
Setelah anda membeli tema premium, anda bisa memasangnya sendiri atau meminta tolong kepada tenaga ahli untuk membantu anda.
Untuk mencari tenaga ahli di Indonesia anda dapat menggunakan Sribulancer, Projects, atau mencarinya di forum Kaskus.
Untuk biaya pemasangan tema menggunakan tenaga ahli tidak terlalu mahal, kisarannya hanya Rp 500.000,- saja. Untuk biaya sewa hostingnya sendiri harganya mulai dari $50 per-tahun. Maka kisaran biaya yang diperlukan untuk tahun pertama adalah sekitar Rp 1.500.000,- sampai dengan Rp 2.000.000,- termasuk tema premium.

Cara 3: Membuat website dengan WordPress sendiri menggunakan tema gratis

Cara yang satu ini tidak terlalu berbeda jauh dengan cara kedua. Hanya saja tema yang digunakan adalah tema gratis WordPress.org yang dapat anda lihat di repositori tema WordPress.org.

Repositori Tema Gratis WordPress.org | Weblikasi
Yang perlu anda ketahui dari tema gratis pastinya memiliki beberapa perbedaan dengan tema berbayar. Yang pertama adalah fitur yang diberikan.
Umumnya tema berbayar memiliki jauh lebih banyak kustomisasi yang bisa dilakukan langsung di control panel WordPress. Sedangkan tema yang gratis fitur untuk kustomisasinya relatif lebih sedikit.
Hal kedua adalah support. Untuk tema berbayar support yang diberikan biasanya lebih instensif, bahkan ada beberapa penyedia tema berbayar yang memberikan support secara real-time. Namun untuk tema gratis, support yang diberikan hanyalah sebatas Support Forum WordPress.org.
PS: Tidak hanya tema, plugin pada WordPress.org juga tersedia yang gratis maupun yang berbayar. Untuk yang gratis anda bisa melihatnya langsung di repositori plugin WordPress.org. Untuk yang berbayar Envato juga menyediakan marketplace plugin WordPress.org, yaitu di Codecanyon.

Plugin Premium WordPress.org Codecanyon Envato | Weblikasi

Cara 4: Mencari tenaga ahli untuk membantu anda membuat website menggunakan WordPress dari nol

Cara yang ini dapat dikatakan sebagai cara yang termahal, namun memerlukan usaha yang relatif kecil dengan kualitas website yang seharusnya jauh lebih baik.
Anda dapat meminta tenaga ahli untuk membuatkan desain tema WordPress.org dari nol. Anda juga dapat membuat plugin WordPress.org dari nol jika anda memerlukannya.
Keuntungan utama mencari tenaga ahli untuk membuat website menggunakan WordPress untuk anda adalah kualitas. Tenaga ahli akan sekaligus menjadi konsultan untuk anda.
Tentunya mereka akan lebih tahu desain dan fitur website seperti apa yang anda perlukan untuk bisnis anda. Mereka akan menjadi konsultan pribadi anda dan sekaligus akan mengurus website anda hingga selesai.
Seperti yang saya katakan sebelumnya anda dapat mencari tenaga ahli di Indonesia dengan mudah melalui situs – situs seperti Sribulancer, Projects, dan forum – forum seperti Kaskus.
Anda bisa juga mencarinya melalui kenalan anda. Biasanya tenaga ahli yang didapat berdasarkan rekomendasi akan jauh lebih bagus ketimbang orang yang belum anda kenal.

Cara 5: Membuat website menggunakan WordPress sendiri dari nol

Merupakan cara terakhir dan juga yang paling sulit tentunya. Namun jika anda adalah seorang desainer dan pengembang website yang berantusias tinggi, maka cara yang terakhir ini mungkin cocok untuk anda pilih.
Saya tidak akan menuliskan panduan lengkap membuat website dengan menggunakan WordPress dari nol pada artikel ini karena sudah di luar cakupan.
Namun jika anda tertarik untuk mencobanya, anda bisa menggunakan tutorial – tutorial berbayar seperti Teamtreehouse, Lynda, atau Udemy. Tutorial tersebut adalah cara yang paling ampuh yang pernah saya gunakan untuk mempelajari seluk beluk WordPress dari nol.
Belajar WordPress.org Teamtreehouse | Weblikasi

Akhir Kata

Sebelum anda memutuskan cara mana yang nantinya akan anda pilih, ada baiknya anda membaca.
Demikianlah panduan yang masih jauh dari sempurna ini. Jika anda memiliki pertanyaan atau masukan, anda dapat juga menuliskannya di kolom komentar bagian bawah website ini.
Terima kasih telah membaca. Semoga bergun.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda Akan Mendapat Kiriman Tersebut

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Spam / Link aktif tidak akan muncul di kotak komentar.

 
Support : Adi Nurdiansyah
Copyright © 2016. INFORMASI ONLINE - All Rights Reserved
Template Modify by Seo-Oke
Proudly powered by Blogger