Home » » 5 Tips Penggunaan Uang THR

5 Tips Penggunaan Uang THR


Pembagian tunjangan hari raya (THR), adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pekerja. Sebab, uang THR bakal digunakan untuk kebutuhan hari raya, termasuk mudik.

Akan tetapi jika tidak bisa mengatur pengeluaran, uang THR akan habis dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Perencana keuangan, Aidil Akbar mengatakan, THR sudah sepantasnya digunakan untuk tujuan hari raya. THR juga tidak bisa digunakan untuk bayar utang atau menabung.

"THR sudah sepantasnya digunakan untuk tujuan hari raya. Apalagi kalau orangnya rencana mudik, THR tidak bisa digunakan untuk bayar utang atau nabung.

Dia pun memberikan 5 cara penggunaan uang THR yang baik dan benar. Berikut ulasannya :

1. Menutupi biaya hidup di bulan Ramadan

Menurut Aidil, sekitar 10 hingga 25 persen penggunaan uang THR biasanya untuk menutupi biaya hidup di bulan Ramadan. Sebab, pada bulan Ramadan kebutuhannya lebih banyak dengan bulan biasanya.

2. Bayar zakat

Sebagian uang THR bisa digunakan untuk zakat, baik itu zakat fitrah mau pun zakat mal. Seperti diketahui, bayar zakat wajib hukumnya bagi setiap umat Islam.

3. Bayar THR asisten rumah tangga

Bagi orang yang memiliki asisten rumah tangga, sebagian THR dipakai untuk memberikan THR kembali kepada mereka. Menurut Aidil, tak hanya orang yang membantu di rumah tapi satpam komplek, tukang sampah komplek perlu diberikan THR karena mereka pun mengharapkan uang tersebut.

4. Siapkan untuk infal

Untuk yang mempunyai anak balita sudah pasti kerepotan karena ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan memerlukan jasa infal. Jasa infal biasanya lebih mahal meski hanya seminggu. Oleh karena itu uang THR mesti disisihkan untuk keperluan ini.

5. Biaya mudik

Bagi yang mudik, sudah pasti uang THR akan digunakan untuk biaya transportasi. Selain itu juga digunakan untuk membeli oleh-oleh.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda Akan Mendapat Kiriman Tersebut

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Spam / Link aktif tidak akan muncul di kotak komentar.

 
Support : Adi Nurdiansyah
Copyright © 2016. INFORMASI ONLINE - All Rights Reserved
Template Modify by Seo-Oke
Proudly powered by Blogger